Sunday, 4 January 2015

Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan, kelihatannya serem untuk sebuah mata kuliah. Penuh dengan teori, logika, rumus ratio, dsb. Pada dasarnya, sebuah manajemen keuangan adalah bagaimana cara mengatur atau mengelola keuangan dengan baik agar pendapatan tersalurkan dengan baik sebagai pengeluaran. Tentunya dengan adanya saving pula.

Agak susah menekan pengeluaran di jaman sekarang ini. Berbagai macam kebutuhan yang ada-ada-saja. Serta keinginan manusia yang tak ada batasnya. Terutama untuk para pekerja muda yang masih happy happynya menerima gaji dan merasa kesulitan dalam mengelola keuangan.

Berikut beberapa tips yang bisa dipraktekkan dalam mengelola keuangan untuk para pemula:

1. Niatkan bekerja untuk masa depan. Dengan demikian, secara tidak langsung akan mengubah mindset bahwa pendapatan untuk mencukupi kebutuhan dan ditabung bukan untuk menuruti keinginan dan berfoya-foya.
2. Buat list untuk kebutuhan sehari2 seperti makan, transportasi selama jangka waktu sebulan (selang menerima pendapatan pokok lagi). Minimalisir pengeluaran, prioritaskan kebutuhan primer dan sisihkan untuk bersedekah atau berbagi kepada sesama (ini mempelancar rejeki loh hehe).
3. Sisihkan sedikit dari pendapatan untuk saving. Ini penting. Usahakan dana ini tidak diotak-atik kecuali jika ada keperluan mendesak. Misal, untuk biaya kesehatan karena sakit tak terduga. Lebih baik lagi, buatkan satu rekening bank khusus tanpa kartu atm. Sehingga tidak mudah untuk diambil sering2.
5. Jangan ragu untuk mencari pendapatan lain-lain. Seperti usaha sampingan diluar pekerjaan pokok. Dengan catatan tidak mengganggu pekerjaan pokok.
4. Investasi. Jika masih pemula atau belum berkeluarga jika ada pendapatan lebih sisihkan untuk berinvestsi seperti logam mulia, dsb. Tentu harus berhati-hati dalam berinvestasi ya.

6 comments:

@Fandhy: yup. tergantung kebutuhan dan kemampuan masing-masing ya..

bener banget. kalo ada duit lebih, jgn sekedar ditabung apalagi dihambur2kan, mending diinvestasikan aja buat beli emas, krn harganya cenderung stabil *meski kadang naik-turun, tapi anjloknya ga jauh2 amat :D

Post a Comment