yang tak terlupakan,19 Januari 2013.

Jalan-jalan sama temen kuliah.

Puluhan Pantai Cantik Di Gunungkidul Yogyakarta

Butuh Referensi pantai-pantai di Jogja?? cuss klik judulnya!

Pantai Jungwok dan Pantai Greweng

Adventure is out there!!!

Les dan Privat Akuntansi Yogyakarta

hai!kamu yang di jogja (SMA/SMK/Perguruan Tinggi) lagi bingung sama yang namanya akuntansi?? jurnal jurnal ampek laporan keuangan?? yuk les/privat akuntansi

Monday, 18 October 2021

MUTASI PNS ANTAR KOTA ANTAR PROVINSI #1

Bismillahirrohmanirrohim.. 

CPNS Februari 2014 dan tidak boleh mengajukan pindah selama 5 tahun, bertanda tangan dan materai Alhamdulillah saat ini aku sudah berhasil mutasi.  Udah nggak LDM lagi sama suami. Perjuangannya yang luar biasa dahsyat. Penuh pengorbanan, waktu, materi, pikiran, perasaan. Naik turun moodnya cuma gara2 mikir mutasi ini selama beberapa tahun terakhir. Beberapa tahun terakhir? iya beberapa tahun. Perjuangan yang tidak singkat. 

Mengenai waktu, kenapa waktu? ya...karena harus menyisihkan waktu khusus untuk perjalanan ke instansi tujuan dan itu berkali2. Karena saya milihnya antar kota antar provinsi yaa bener2 harus meluangkan waktu, ambil cuti tahunan untuk sekedar mencari informasi langsung di kepegawaian instansi tujuan, masukkan berkas, belum lagi nanti tes dan wawancara. Sebenernya sekarang sudah bisa dimudahkan dengan melalui telp ke kepegawaian tujuan, ataupun memasukkan berkas melalui pos. Namun, beberapa tempat saya pilih antar langsung ke kantornya. Dan untuk yang via pos karena lama direspon saya juga akhirnya mendatangi langsung kantornya. 

Materi. Bukan aneh2 ini..murni duit buat tiket pesawat yang haduuuhhhh...boros di tiket emang ditambah lagi PCR karena saat proses mutasi berlangsung disaat pandemi. Asliiii...siapkan budget khusus kalau memang tujuannya mesti naik pesawat. Rem dulu foya-foyanya. Karena sewaktu-waktu bisa dapat panggilan, tes atau ngurus apalah apalah mengenai berkas dan harus ke instansi tujuan, jadi materi menjadi satu hal yang wajib dipikirin.

Pikiran dan perasaan. Ini selain akunya yang suka overthinking..juga karena banyaknya omongan orang "kalau ngga punya kenalan orang dalam susah sekarang, mustahil pindah2 tu, kalau ngga banyak uang susah sekarang pindah tuh" asliiii....siapa sih yang ga down, siapalah aku ini, dari keluarga apalah aku ini, mana ada kenalan ono ini yang bisa dijadiin orang dalam kayak kata2 orang. NGGAK ADA!! NGGAK PUNYA!! Gimana lah ngga down yaa mana bisa aku pindah. Begituuu terus. Bingung, galau, nangis, ga kuat mau resign aja lah.
Iyaa udah pernah terpikir resign berkali2. BERKALI-KALI!!!

Okayy....lanjut, long story short, ini ya rangkuman perjalanan proses mutasi aku (antar kota antar provinsi):
  1. Siapkan alasan mutasi anda sejelas-jelasnya, ada peraturannya tapi saya lupa nomor berapa, disitu menjelaskan hal apa saja yang seorang pns dapat melakukan mutasi, seperti mengikuti suami/istri bertugas, merawat orang tua sakit, menjaga aset waris atau apa gitu dan semua harus didukung dengan dokumen. Kalau saya surat keterangan kerja dari kantor suami dan sk suami. 
  2. Mutasi itu ada berbagai jenis dan berbeda prosedurnya. Sesuaikan masing2 masuk jenis apa kalau mau mutasi ke instansi tujuanmu. Bisa klik dan cek website dari BKN berikut Layanan Mutasi Kepegawaian kalau saya seperti ini: asliii..ini yang paling panjang prosedurnya, karena antar kota antar provinsi (dah kayak BUS aja kan hehe) 
  3. Pelajari persyaratan mutasi (nasional/pada umumnya) pada Peraturan BKN No 5 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pelaksanaan Mutasi. Pelajari dan pahami baik-baik alur dan persyaratannya. Stabiloin warna-warni poin2 pentingnya (berkas dan yang mengeluarkan). Sesuaikan dengan jenis mutasinya dari poin 1.
  4. Jika sudah dirasa ada bayangan mengenai prosedurnya, datanglah ke kepegawaian intansi asal kamu bekerja. Kalau saya di subbid mutasi BKPSDM. Namun sebelumnya kalau saya sudah ngobrol2 ngutarain keinginan mutasi ke atasan langsung, teman2 kantor, baru ke subbid mutasi di bkpsdm. Tanyakan proses dan persyaratan mutasi keluar. Kurang lebih sama dengan perka bkn no 5 tahun 2019, mungkin akan ada beberapa poin tambahan karena tergantung kebijakan masing2 pemda. Setidaknya udah nyambung kalau udah baca duluan peraturan BKN nya saat di subbid mutasi bkpsdm. Di point ini harus siap mental ya..perkuat iman dan mental hehe. akan ada banyak omongan yang mungkin akan kurang berkenan dihati kalian, bahkan mungkin dipatahkan langsung semangatnya ditempat. Jadi persiapkan niat dan mental yang kuat.
  5. Sambil jalan sambil hubungi instansi tujuannya. Cek google bkpsdm tujuan biasanya akan muncul websitenya dan nomor telpnya. Beberapa instansi ada yang secara lengkap memposting persyaratan mutasi masuk. Dibaca dan dipahami lebih dulu, telp nomor yang tertera untuk lebih jelasnya, atau lebih baik lagivdatang ke bkpsdmnya langsung. Tanyakan syarat dan prosedurnya. Kurang lebih akan sama dengan yang ada dalam Perka nomor 5 tahun 2019, tapi akan lebih detil lagi jika datang langsung ke bkpsdmnya untuk menanyakan tesnya apa saja dan kapan.
Segitu dulu yaa sebagai prolognya, part 2 akan lebih detil seperti apa saja berkas yang harus disiapkan dan prosedurnya, tentunya berdasarkan pengalaman pribadi saya mutasi antar kota antar provinsi ya.

Semoga membantu ya..!

Thursday, 5 August 2021

Anak Kos (6) -end-

29 Juli 2021 resmi keluar dari predikat Anak Kos. Alhamdulillah..alhamdulillah.

Dari tahun 2009 sampe Juli 2021 total kurang lebih 12 tahun  jadi anak kos. Wow!!!! Amazing!!!! Jogja dan Pontianak adalah 2 kota perantauan yang luar biasa. Terima kasih lho.

Sungguh jadi pelajaran dan pengalaman luar biasa selama merantau dan jadi anak kos. Alhamdulillah. Semua akan jadi bekal pelajaran kehidupan untuk anak cucu nanti. Semoga Allah mudahkan segalanya dimanapun aku berada. Nitip doa ya gaes.

Saat ini statusnya masih merantau..tapi sudah di rumah sendiri sama suami. Alhamdulillah. Kenapa masih merantau? Kan sudah "omah-omah"? Bagiku..kampung halamanku ya di Klaten dan tetap asal muasalku Klaten, so....mudiknya ya ke Klaten. Atau ke Lampung (rumah ibu mertua).

Dengan suami statusnya ya merantau. Halah..riweh yaa. Hahaha

Intinya dah ga ngekos lagi. Dah gitu. 

Alhamdulillah­čĄ▓

Terima kasih, Pontianak.

29 Juli 2021, keberangkatanku dari Pontianak menuju Jakarta lalu ke Bekasi, rumah.
Iya...pulang kerumah, akhirnya.
Dari 2014 hingga Juli 2021 hidup di Pontianak sungguh menjadi pengalaman hidup yang luar biasa. 
Pontianak sudah menjadi salah satu bagian hidupku.
Bagian dari perjalanan hidupku.
Kini, aku sudah pulang dan meninggalkan Kota Pontianak Kalimantan Barat untuk masa depan yang insya Allah lebih baik lagi.
Terima kasih ya, Pontianak!

Yang utama rasa syukurku kepada Allah SWT dimana doa dan harapanku terkabul satu demi satu di waktu yang tepat. 
Suami, orang tua, keluarga, teman, sahabat, terima kasih banyak. Sumber doa dan kekuatan. Terima kasih banyak.
Tak lupa, aku ucapkan terima kasih kepada diriku sendiri yang sudah mampu mandiri dan berjuang.
Mampu menghadapi segala kendala, halangan, rintangan yang membentang, berbelok2, namun alhamdulillah semua terlewati dengan baik juga pada akhirnya. Ya kan shif?? Ya! Alhamdulillah.

Perjalanan masih panjang, hidup baru dimulai hari ini. Semoga apa yang menjadi doa dan harapan Allah SWT kabulkan diwaktu yang tepat. Aamiin ya robbal'alamin.