Sunday, 8 July 2018

Jepang #3

Ingin merekap hal2/pengalaman/pelajaran  positif yang saya ambil selama di Jepang. Semoga bisa diambil hal2 positifnya.

Penting untuk diingat, "ini bukan berarti saya membanding-bandingkan dengan Indonesia atau bahkan menjelek-jelekkan Indonesia, tapi murni sebagai pengingat dan untuk diambil pelajaran positifnya sih." Buat yang langsung mikir "hm kayak artis sonoo yg hbs buka jilbab lebih muji Jepang bla bla bla blaaa" jangan yaaa..ga salah kan saya membuat catatan seperti ini, siapa tahu bisa jadi pelajaran. Itu aja.

Jadi disana itu.....

1. Di jalan, pejalan kaki diutamakan dan nomor 2 adalah pesepeda.
2. Setiap jalan ada rambu khusus pejalan kaki untuk menyebrang, tidak lupa dengan suara tanda hijau bagi pejalan kaki yang disabilitas. Kyu-kyu-kyu-kyuu..kayak siul burung. Lucu. Hehe
3. Jika tidak ada rambu (saya temukan beberapa di pedesaan) ketika ada yg mau menyeberang kendaraan bermesin otomatis mempersilakan si pejalan kaki/pesepeda untuk menyebrang. Tidak lupa bagi si penyebrang setelahnya mengucapkan terima kasih dengan membungkukkan badan khas orang Jepang.
4. Menyebrang jalan hanya melewati zebracross. Tidak suka memotong jalan sembarangan.
5. Tidak mengganggu fasilitas/ruang publik. Hampir ga pernah denger nada dering hp di ruang publik termasuk jg kereta atau bus. Silent mode semua. Kalaupun ada pasti punya turis. Hehee. Mereka kebanyakan duduk/berdiri diam pakai headset dan fokus sama gadgetnya.
6. Tidak segan untuk mengucapkan permisi, terima kasih atau maaf.
7. Disiplin. Ini yang bikin aku "wooohhh!!". Semua jadwal transportasi umum sangat tepat waktu sampe ke menit2nya. Ini sih bener2 gila..jadwal kereta dan bus itu ga ada yang jam 1 pas gitu deh kayaknya. Pasti ada menitnya. Misal 1.12, 18.19 gitu2, dan memang tepat waktu.
8. Kalau yg ini entah hal positif atau negatif yaa..mereka kalau jalan cepat sekali. Seolah2 terburu2 mungkin memang mereka sibuk semua dan nomor 7 juga bisa jadi alasan mereka buru2. Sampai2 tangga di ruang publik seperti stasiun ada aturannya sisi sebelah mana untuk naik dan turun. Harus diperhatikan tandanya. Jadi ga ada yang tabrakan dan tidak menghambat dan memperlambat waktu mereka. Wow.
9. Kalau naik atau turun eskalator jika santai harus berdiri disisi kiri. Kanan dikosongkan atau diberi space. Gunanya untuk jalur bagi orang lain yang sedang terburu2 berjalan.
10. Buang sampah. Buang sampah ga ada yang asal buang. Dipilih2 mana yang bisa daur ulang. Salah satu minimarket (kalau ga salah family mart) menyediakan tempat untuk membuang sampah kantong plastik mereka. Jd kl habis belanja dikumpulkan kl belanja lagi dibawa mungkin untuk didaur ulang.
11. Uang kertasnya rapi, tidak kucel dilipat2, setiap kasir pasti ada nampan kecil seukuran uang kertas untuk naruh/nerima uang pembayaran dari pembeli. Unik pokoknya.
12. Antri toilet umumnya tidak berdiri di depan pintu masing2 toiletnya persis. Tapi di pintu masuk toilet umumnya. Lebih rapi dan lebih adil sih. Siapa yg mengantri duluan bisa langsung dapat giliran jika ada yg keluar toilet.

Sementara itu dulu. Nanti kalau ada keingetan lagi sesuatu bakal diupdate lagi. Semoga bermanfaat ya.

0 comments:

Post a comment