Sunday, 9 December 2012

Adventure is out there!! (wediombo-pantai jungwok-pantai greweng Gunung Kidul Yogyakarta)

Hoaammm…
Haii!! Maaf yaa pembukaannya aku nguap,ngantuk bgt ini ketik2nya…loh knp g tidur cobaa?? Karena aku tu klo saking capeknya, g bisa tidur, badan sakit semua..ya mending nge blog dl yaa,mumpung masih anget ini pengalamannya.

9 desember 2012 aku ada janji sama temenku buat ke pantai Greweng di Gunung Kidul Yogyakarta, sebelumnya ya googling dl mengenai tu pantai...tapi eeebuseett deh ga banyak hasil pencarian, belum byk yg kesana gitu, ya sedikit info kesana mesti jalan kaki.
sebenernya kita kesana mau berlima kalo ga salah, tapi berangkatnya pisah, aku ma temenku (start dari seturan) mereke bertiga menurut info udah berangkat dlan karena mau ke timang (mau nyusul aja gt katanya)
 9 desember, 7.30 temenku dateng ke kos, semangat bgt aku mau ke pantai apalagi yang belum banyak orang tahu. Pantai Greweng itu ada di timur Wediombo klo ga salah yaaa. Dan klo mau menuju ke greweng mesti jalan kaki 3 KM (menurut info)

setiba di wedi ombo yang maha dahsyat jalannya, turunan tanjakan turunan tanjakan…parkir trus mulai deh jalan kaki. Rintangan pertama ada tanjangan puaaaanjaaang bgt…gilaaaaaaaakkk…capeeeekkk…!!
Hbs itu jalan landai lagi (masih tanah) dan masih baru dibuka itu jalan keknya. Kebanyakan warga disitu petani (yang bikin jalan). Aduuuuh…jalannya tuh ga habis2 cobaa..capek bgt, panas pula, bayangin aja aku Cuma bawa minum 1 botol aqua yg sedeng (ya aku piker 3 KM itu ga seektrim ini), tapi temenku bawa aqua 1 L. aku juga bawa 1 snack cemilan aja ditas sama permen.

oyaa...mau nyampe di wedi ombo aja udah ga ada sinyal (telkomsel aja uda ga ada) alhasil kita lost contact sama tmn kita yg b3 tadi, ya lanjut jalan berdua deh.

Bener2 jauh bgt, udah ga jelas berapa KM, akhirnya makin denger suara ombak,,,yei!! Nemu pantai juga… tapi, jeng jeeeengg!! Pantainya panjang dan kotor!!! 
jalan menuju pantai yang kita kira pantai greweng ternyata pantai jungwok

pantai jungwok (belakangnya pasirnya kotor bgt loh)

pantai jungwok

pantai jungwok

pantai jungwok (banyak ikan2 kecil gitu,buat mancing)

Ga kayak diinternet, apa ini bukan Greweng. Dan menurut info klo mo ke greweng nglewatin goa sama sungai dulu, lah tadi jalan jauuuuuuuuuuuh bgt ga nemu itu..kanan kiri Cuma sawah ma tebing2 dan beberapa rumah warga. Ya udah…sante2 dulu dipante itu dan belum NGEH klo itu bukan Greweng..maenan aer…ada anak2 kecil mincing, iya ada ikannya kecil2 gitu..seruuuu…iseng nanya deh temenku ma tu anak, nanyain goa nya tu sebelah mana ya de’? tu anak jawab,” wah disini ga ada goa mas, yg ada tu di greweng” JENG JEEEENGG!! LOH INI PANTAI APA??? “ini pantai Jungwok mas” greweng masih jauuuuuuuhh bgt kesana lagi, naik gitu” dah deehh…antara lemes dan makin penasaran, akhirnya sepakat buat nyari itu pantai greweng. Lewatin sawah2….rintangan belum gitu berasa..dan makin kesana makin naik, tanjakan dan jalannya ga jelas. Setapak gitu, dan yg lewat kesitu ya Cuma petani aja.

Buset dehh…ngos2an..bayangin deh naik’in bukit jalan kaki dengan bekal yg teramat terbatas dan segala asumsi2 serta kemungkinan yang ga pasti. Jalannya makin masuk ke hutan gitu, ada jalan setapak bebatuan, ga beraturan dan itu hampir 90% tanjakan. Beberapa kali nanya warga yg lg bertani, ya bener ngikutin jalan aja. Oyaa aneh 2 kali nanya bapak2, eh dia bukannya jawab dulu tp nanya “sampeyan dari mana ya mas mbak??” kayak gmn gitu..kayak pantai greweng itu cm bbrp orang tertentu aja, atau mereka kira kita mau ke goa nya (menurut info, buat tapa gitu2 deh) yelaaahh…muka kita muka mo have fun kali paakkk…ngapain tapa2 nyari goa ke bukit gini coba! Karena temenku itu aslinya ya gunung kidul deket baron yaa nyambung2 aja ma bapak2 tu…oke mereka kasih 2 pilihan jalan, cepet tapi susah, atau lama tapi gampang..ntah gmn kita tu sepakat pilih yg cepet tapi susah!! 
Dan apa!! Jalannya tu Masya Allah….bikin aku ngerasa kek asma lagi (pernah asma,tp uda sembuh) aduhhh..naiiiiiikk bukit, tanjakan, dan jalannya tu susah bgt..buat aku ini keterlaluan ekstrim. Secara aku bukan mapala, ato pernah tracking separah ini. Nafas tu kyk susah bgt, capek bgt. Ampe aku bener2 ngrasa ga kuat dan pusing (nggliyer, istilah jowo ne mo pingsan) aku duduk dan temenku bilang, kuat ga??apa balik aja??
 Akhirnya aku suruh temenku jalan duluan, ngecek ada tanda2 mo nyampe ga ( denger suara ombak ato keliatan lautnya gitu,soale ini tu bukit!!) aku masih duduk lemes…dan temenku bilang..”naik dikit lagi trus ada turunan curam bgt, alias udh mau nyampe,aku liat pasirnya” akhirnya lanjut deh…tapi apaaa....turunan dan curam bgt, sama  aja kepayahan,capek bgt…kita kuat2in deh dan akhirnya nemu sungai nya..rada kering sih…dan udah nginjek pasir nih…daaaaann jalan dengan sisa2 tenaga, daaaaan WOW..! SUBHANALLAH…
 tebing sisi kiri (teduh banget)

 bukit/tebing sisi kanan

 pantai dari depan

pantai dari depan

 tebing sisi kiri (teduh)

 tebing sisi kiri

 tebing sisi kiri (foto dari kanan)

 tebing sisi kiri (foto dari kanan) dibawah tebing ada karang (difoto kecil bgt) bentuknya aneh,kyk jari2 tangan mau mencengkeram langit gitu haha

lemes tulang2 kakiku…indah bgt…perjuanganku ga sia2…pantainya ga panjang dan diapit 2 tebing yang menjorok keluar gitu. Akhirnya aku ma temenku langsung deh rebahan di bawah tu tebing… sambil ngliatin pantai dan tertidur!!! Saking capeknya, temenku lgsg bisa tdr, aku pun akhirnya tumbang dan zzzztttttt..cm bentar sih..karena berisik ombak..tp temenku pules2 aja…capek bgt sih ya..rasanya udah peweeee bgt males pulang, indah bgt, dan tiduran disitu tu sepoi2 gimana gitu..tulang2 ku mulai enakan..
 aku :D (kaki aja yaa...muka wes kucel, ra pede) haha

temenku (pulessss)


sekitar setengah 3, akhirnya kita sepakat pulang, g ada tanda2 temen2 kita nyusul ke greweng (lost contact) sebenernya beraaatt bgt, tp takut kesorean, atau ujan (padahal ya panas sih). Kita cari jalan lain (dibawah) bukan bukit..ketemu ibu2 dan tanya2 jalan, iya bener ini jalannya dan lebih gampang…landai…tp ya tetep aja naik bukit lagi tp setidaknya g separah tadi.dan dilihat2 sepanjang jalan setapak ini ada potongan kertas putih dadu2 gitu disebar dijalan ngikutin jalan..keknya beberapa hari yg lalu ada yg kesini dan buat tanda jalan pulang…duh makasih bgt..berguna nih buat kita, dan jalannya lumayan enak…akhirnya sampai di jalan di pantai jungwok tadi… nah kan harus ke wediombo buat ambil motor..ya rintangan pertama tanjakan lagi turunan lagi tanjakan lagi kayak berangkat td…panas bgt capek bgt. 
nyawa udah tinggal dikit, kaki lecet, panas, laper, haus, lengkap! dan akhirnya sampe diparkiran wediombo, beli minum, duduk2 lgsg cabut cari makan. lalu pulang, diperjalanan aku mikir, luar biasa bgt buat mereka2 yg suka daki gunung dsb, salut! emang bener, mau cari suatu hal yg luar biasa dan unforgetable emang butuh perjuangan besar.
mungkin cerita pengalaman ku ini lebay bgt buat mereka2 yg biasa/udh pnh ksana..tp buat aku yang jarang perjalanan jauh nan ekstrim gini jadi yaa gini deh...ngeriii >.<



oiaa...aku kira mungkin jalan menuju pantai greweng baru dibuka 20 tahun lagi hahaaa...orang hutan2 dulu gituu...gimana bisa buka jalan :D hihihiii

sudah yaaa..capek...tunggu perjalanan berikutnya #loh
maaf klo ada pengetikan kata yg berantakan, maklum yaa...capek gilak.

7 comments:

Perjalanan wisata pantai yg melelahkan, namu tidak sia-sia dalam hasilnya.

Sukses selalu
Salam Wisata

tapi ga pake mancing he mas :D

makasih yaa sudah berkunjung :)

wah, mantap bisa tembus ke Greweng. Saya bulan puasa tahun lalu cuma mpe Jungwok doang habis itu pulangnya nyasar karena dah maghrib, hahaha.

nah itu, lebih mantap yang nyasar itu lebih seruu!

uwaahhh sampe dia greweng juga seharian :D

Post a Comment