Wednesday, 27 July 2016

Tips untuk anak kos

Hallo kawula muda dan setengah tua, pokoknya yang ngekos-ngekos. Pengen punya perabotan atau meubeler tapi minim biaya kan? Sebenernya banyak cara, nah ini saatnya kreatifitasmu dikembangkan!!

Ini contohnya. Untuk menyimpan peralatan makan seperti piring, sendok, dan gelas kalian tidak perlu membeli rak khusus atau malah meletakkan peralatan tersebut begitu saja di meja dalam kamar atau bahkan malah di dapur umum kos. 

Kebanyakan anak kos pasti ada 1 rak plastik seperti ini, 2 susun atau 3 susun, yang paling atas bisa untuk tempat menaruh make-up atau peralatan tulis menulis dan dibawahnya bisa jadi tempat menyimpan alat makan. Untuk menghindari debu masuk dari atas, samping kanan kiri, depan belakang kita bisa modifikasi dengan plastik bening tebal, atau plastik besar seperti untuk laundry itu loh. Rak paling atas dilapisi kertas bekas dulu beberapa lembar, atau lebih bagus dengan potongan kardus jadi lumayan tebal dan menghambat debu turun ke rak bawahnya.

Bahan yang digunakan hanyalah kertas bekas, plastik laundry dan isolasi. Dan begini hasilnya. Kurang begitu rapi namun lumayan, alat makan jadi lebih aman dari debu dan jamahan anak kos lain kalau ditaruh di dapur. Oh ya, untuk bagian depan jangan diisolasi semuanya, cukup diisolasi atasnya saja, kayak tirai gitu jadinya, karena bakal dibuka-buka.




Tips kedua! Suka berantakan ngga lemari pakaian kalian? Ngakuuu! Pasti iya. Males rapi-rapi dan emang karena tipe baju yang mlorot2 mbleber kemana2 jadi makin ga rapi. ya kaaaan??
Ini dia solusinya, masukkan ke plastik laundry, lalu isolasi, atau biar mudah buka tutupnya kalau mau ambil dan nyimpan berkali2 bisa oake karet gelang saja. Karena plastik punya ku besar, bisa aku simpan beberapa baju dengan jenis atau fungsi yang sama. Ini juga kurang rapi, harusnya dibuat bentuk dan ukuran yang sama lipatan bajunya agar waktu menumpuknya bisa tersusun rapi. Ini aku asal aja, hehee. Tapi kata Ibu, ini sudah lumayan. Emang kurang jago packing akunya.


Untuk tips pertama adalah ide pribadi semenjak kuliah di Jogja. Sedangkan tips kedua adalah tips dari Ibuk di rumah dan baru aku lakuin pas udah kerja di Pontianak. Coba kalau kalian praktekin, trus fotoin ya, mention atau tag ke aku di twitter atau instagram dengan hastag #anakkoskreatif

Selamat mencoba!!

2 comments:

hahaha boleh juga nih tipsnya dipraktekin dan yang sering gue alami itu nomor 2, gue paling malas banget utk ngerapiin baju di lemari -_-

Wah, bener kan? Selamat mencoba ya :)

Post a comment