Sunday, 13 September 2020

Mengenai Pilihan

Hidup itu penuh dengan pilihan. Masing-masing orang punya caranya untuk memilih. Pake perasaan, akal, logika? Atau cang cing cup kembang kuncup? Sesepele ngitungin jumlah kancing? Ah....andai seremeh itu. Makin dewasa makin aneh-aneh keadaannya. Dihadapkan dengan beberapa pilihan dalam menentukan masa depan.

Eh!! Siapa aku nih mau milih masa depanku kayak gimana???
Oke..mungkin lebih pasnya, aku ini merencanakan masa depan yang bagaimana. Namun ujungnya Allah lah yang punya kuasaNya untuk menentukan apa yang terbaik untuk ku, hambaNya. HambaNya yang segini ringkihnya. Segini cengengnya. Segini lemahnya.
Silakan memilih, yakin, lalu pasrahkan kepada Allah. Begitu teorinya. Praktekin. Sungguh bagi hambaNya yang lemah ini, hal ini merupakan ujian yang level tinggi, karena mencakup hal yang bernama "ikhlas". Lagi-lagi....aku ini manusia biasa, ikhlas itu dah kayak yang bisa kah manusia itu benar-benar "ikhlas"?? Bisa kah?? Eh meragukan diri sendiri maupun orang lain ini namanya. 
Balik lagi, menentukan pilihan lalu memasrahkan kepada Allah Yang Maha Kuasa atas segala-galanya adalah termasuk ujian bagiku. Semoga aku lulus dengan nilai sempurna. Tapi tunggu, sempurna itu hanya milik Allah. Aku akan tetap berusaha dan berdoa, sisanya Allah yang menentukan dengan kuasa-Nya. 

0 comments:

Post a comment