Wednesday, 11 November 2015

Prioritas

Semua orang memiliki ragam kegiatan yang akan mereka lakukan setiap harinya. Akan tetapi keadaan dan kebutuhan membuat kita harus membuat prioritas yang mana saja yang harus dilakukan terlebih dahulu, mengingat hal itu lebih mendesak untuk segera dilakukan.

Untuk seorang pelajar, mungkin belum terlalu beragam kegiatannya. Hal yang paling prioritas bisa ditentukan yaitu bersekolah, belajar, mengerjakan tugas, disusul dengan "me time" nya berupa main kumpul sama teman-temannya.

Namun untuk yang sudah bekerja, kegiatan mulai beragam, disamping pekerjaan yang didesak deadline (bahkan beberapa tugas pekerjaan dengan deadline yang bersamaan), tentu cukup membuat kita pusing bukan? Disitulah kita harus membuat skala prioritas. Mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu, output mana yang lebih dibutuhkan? Kita harus pintar menimbang-nimbang mana yang paling mendesak karena penting.

selain dipusingkan dengan penentuan prioritas pengerjaan tugas kantor sepertii diatas, kita juga harus menyisipkan "me time" untuk kita. itu penting. Dapat dijadikan sebagai ajang menghibur dan menyergarkan diri serta pikiran atas pekerjaan-pekerjaan yang kita lakukan. Tentunya "me time" ini dilakukan jika prioritas tertinggi sudah selesai dilakukan.

Aku sering mendengar mengenai "reward untuk diri sendiri". Aku pikir-pikir itu memang perlu sesekali kita lakukan, mengenang apa yang kita lakukan cukup menguras tenaga dan pikiran kita. Kita perlu memanjakan diri sekali waktu. Seperti memberikan diri kita sendiri berupa baju, tas, atau spa, bisa bermacam2 hal tergantung hobi dan apa yang sedang kita inginkan. Namun masih dalam tahap wajar, dalam artiaan kita mampu memenuhinya.

Setelah me time tersebut kita lakukan, kita mulai dapat menyusun kembali prioritas-prioritas apa saja yang akan kita lakukan. Penyusunan skala prioritas yang baik dan tepat dapat menunjang keberhasilan kita dalam bekerja. 

SEMANGAT!

6 comments:

klo gw biasanya ngasih me time juga sebelum aktifitas ngantor, jadi berangkat lebih awal dan duduk di pantry kantor sambil minuk kopi dingin yg beli di minimarket

tulisannya bermanfaat, terkadang sulit sekali membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan :(

@puputs: ide bagus! cukup menyenangkan

@tia setiawati: belajar untuk menimbang2 mana yang lebih baik untuk segera dilakukan, semangat.

Post a comment