Tuesday, 4 March 2014

kodrat anak kos

Sebagai seorang manusia yang sudah malang melintang di dunia per-kos-an (bukan perkosaan ye, bukan!) sebagai anak kos yang unyu-able (tetep muji sendiri) aku banyak tahu mengenai sifat dan perilaku anak kos. Apa saja itu? Yuk cus siapin kacang buat baca.


Dimata orang anak kos itu "mandiri". Iya mandi sendiri, makan sendiri, apa-apa sendiri hingga orang-orang lupa akan ada akibat dari sebuah sebab yaitu malas. Yang awalnya apa-apa sudah tersedia di rumah, kini harus hidup mandiri.Mungkin ini fase proses beradaptasi. Dari fase awal adaptasi itu kemudian berlanjut dari pengaruh lingkungan sekitar (tetangga kamar). Perhatiin deh, setiap satu kos pasti ada minimal satu orang/kamar aja yang hidupnya berantakan banget. Entah pemalas banget lah, jorok banget lah, kamarnya 11-12 ma gudang lah. Itu pasti ada. Kalau ada se-kos-an full orang-orang rapi, bersih, kirim pict ke aku soalnya NO PICT = HOAX! (teteeeepp).

Dari satu orang itu lah virus malas dan jorok mewabah. Misal, habis makan ga langsung nyuci piring tapi cuma di diemin di depan kamar atau di tempat cuci piring. "ah entar deh, kalau mau makan lagi baru dicuci" kalau udah kayak gitu, itu artinya kamu udah jadi anak kos-an banget! Ini termasuk kriteria males dan jorok juga ya.

Contoh lain, masalah sampah. Kan tiap kamar pasti ada ya tempat sampah masing-masing (kalau ngga ada kebangetan banget dah itu). Dan jarang ada kos'an yang mau masukin pemulung/tukang ambil sampah buat masuk ke area kos'an (takutnya malah ikut ngambilin sandal sepatu). Bahkan hampir ga pernah ada. Tapi masak sampah numpuk didiemin, alhasil si Ibu kos yang punya kodrat berisik ngasih aturan buat buang sampah masing2 ke bak sampah umum yang ada di luar kos. Atau terserah deh mau dibuang dimana asal ngga numpuk di kos aja. Nah ini perkara selanjutnya, anak kos paling males keluar bawa sekantong kresek isi sampah dengan alasan "hih, dah rapi-rapi, wangi, mau kuliah masak nenteng sampah" padahal diluar jam itu pun bisa kalau lagi senggang kek. Tapi ya balik lagi ke kodrat anak kos, mau sesenggang apapun waktunya tetep itu waktu senggang buat males-malesan di kasur. Ye kaaan????!! ngaku ga!

Mungkin itu dulu deh ya, sebenernya masih banyak hal-hal lainnya yang berhubungan dengan anak kos. Pada akhirnya saya mempunyai kalimat penutup, "terpujilah orang-orang sabar seperti anak kos yang sama sekali tidak termasuk dalam kodrat buruk ini. Karena dibalik semua keburukan anak kos, masih tersimpan anak-anak kos yang baik nan rajin dan Ibu kos yang lebih bersabar dalam menghadapi berbagai kodrat buruk anak-anak kosnya."

kamarnya anak kos yang rada rapi, saya. haha

1 comments:

Post a comment