Wednesday, 6 November 2013

Tu De Kupang -chapter 2



Hari pertama di Kupang tidak perlu adaptasi berlebih mengenai cuaca. cuaca panas, gerah, ya sama seperti Jogja yang sedang puncak panasnya. mungkin perlu sangat teramat sabar berhubungan dengan orang sekitar asli sana yang mana pemikiran mereka agak lebih lambat daripada kita orang Jawa. rasanya gemes ngliat pola pikir mereka yg kemudian diterapkan kepada kehidupan mereka sehari-hari. terlebih dengan sistem kerja mereka, yang seharusnya jika dengan cara kerja A lebih efektif dan efisien daripada mereka menggunakan cara kerja C!!
keseel sih, cuma ya aku ini pendatang, mau ngomel atau komplain yang ada malah kita tambah kena semprot mereka.
nada bicara mereka unik, kasar, galak, kayak marah gitu, tp itu bukan berarti dia lg marah. emang gaya dan nada bicaranya seperti itu.
mengenai kehidupan di jalanan, bentuk jalan sempit tp yang make jalan buanyak..macet. jalannya berliku-liku naik turun dan lumayan gersang.

ada yang unik lagi disana, angkutan umumnya khas banget, sebutnya 'bemo', mobilnya itu penuh sticker warna-warni. pokoknya full color!
ini ada fotonya tapi bukan aku yg jepret, dari googling, ini angkutan buanyaaak banget, jadi klo di jalan ngebut abiiiisss!!


disana aku ngga jajan, karena keluarga emang g suka jajan/makan diluar. rada jorok sih warung makannya. terus karena mayoritas non muslim jadinya jarang yang halal, kalaupun ada ya mesti pilih2, yang ga jorok. jadi, seringnya masak, di kulkas aja udah full sayuran mentah. dan ikan-ikan. iya, disana aku makan ikaaaaaaaaaaannn laut teruuuuuuuuusss loh! heheee
tapi kebanyakan warung makan disana yang jual orang jawa yang merantau (dan mereka kaya2 loh!!!) walau gitu ya tetep pikir-pikir belinya.

hari ke2, pagi itu aku jalan-jalan sama pakdhe budhe ke Naibonat (ya kira2 kupang bagian timur) jauuuh banget, 1 jam'an lah naik mobil. seru banget, sebelah jalan raya langsung laut. di tengah perjalanan beli jagung rebus. disana emang pertanian utamanya jagung. jagungnya besar-besar dan manis banget! sumpah!

siangnya aku cuss balik jogja, rute Kupang-Surabaya-Jogja. di kupang emang relatif singkat, iya..singkat tapi mengesankan!

0 comments:

Post a comment